Tak Hanya Belajar Berhitung

Sebagai lembaga pendidikan sempoa, IMA tentu saja mengajarkan siswa bagaimana menggunakan sempoa dari dasar dan selanjutnya bisa berhitung secara cepat dan tepat, baik menggunakan sempoa maupun tanpa sempoa (mental aritmetika). Di samping itu, IMA juga memberikan bonus berupa pembahasan soal matematika dengan cara menerapkan pelajaran yang sudah didapat di IMA.

Tapi sebenarnya di luar itu, sehari-hari siswa IMA diajarkan untuk berperilaku dan berkarakter yang baik. Ada beberapa nilai moral yang bisa diambil dari cara belajar siswa di IMA, contohnya :

  1. Disiplin waktu

Jadwal les di IMA seminggu dua kali, sudah ditentukan pasangan harinya. Senin dan Kamis, Selasa dan Jumat, Rabu dan Sabtu dengan waktu sembilan puluh menit sesuai waktu yang telah ditetapkan. Maka siswa harus disiplin masuk pada hari dan jam tersebut, tidak bisa pindah begitu saja tiap kali pertemuan.

  1. Jujur

Siswa IMA selalu diberi PR untuk latihan di rumah. Pada saat mengerjakan di rumah tanpa pengawasan guru, siswa dituntut untuk jujur bahwa PR adalah hasil kerjanya sendiri dan menggunakan cara yang diajarkan di IMA, bukan cara berhitung lain, misalnya dengan jari atau coret-coretan di kertas.

  1. Bertanggung jawab

Di kelas IMA, jika siswa melanggar peraturan yang telah disepakati di kelas, biasanya mereka akan mendapatkan denda berupa pengurangan bintang (hadiah yang didapat setiap les).

  1. Sportif

Kompetisi rutin yang dilakukan oleh IMA, mengajarkan siswa untuk berani bertanding sejak dini sekaligus siap untuk menang atau kalah. Kalah tidak menangis, menang tidak sombong.

Dan masih banyak hal lain yang secara konsisten diajarkan di IMA kepada siswa.

Masih tentang pelajaran perilaku, berkaitan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah akhir September lalu, siswa IMA pun menunjukkan kepeduliannya pada saudara kita yang terdampak bencana. Mereka sangat antusias menyumbangkan uang, yang dikoordinir menjadi satu oleh IMA Jateng-DIY.  Koordinator pengumpulan dana untuk Palu Donggala, Ibu Ika Arie Setianingrum mengatakan jumlah dana yang terkumpul adalah Rp.14.552.900. Dana didonasikan melalui “Program BNI Peduli Gempa Palu” untuk langsung disalurkan kepada saudara-saudara kita di sana.

Bukan berapa besar yang anak-anak berikan, tapi kepedulian mereka sangat mengharukan dan membanggakan. Semoga nantinya mereka tidak hanya menjadi generasi yang cerdas tapi juga memiliki attitude yang baik. Salut untuk siswa IMA Jawa Tengah dan DIY dan para orang tua siswa yang telah mendukung program amal ini, terima kasih banyak atas kerja samanya.