MGMA

MGMA

MGMA singkatan dari Musyawarah Guru Mental Aritmetika, merupakan acara pertemuan para guru IMA yang diadakan secara rutin sebulan sekali. Jika tidak ada agenda khusus, seperti ujian guru dan syawalan, MGMA wilayah Jateng dan DIY diadakan di dua tempat, yaitu di Yogyakarta dan di Banyumas Jawa Tengah.

Selain menjadi ajang silaturahmi para guru IMA yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY, MGMA juga sebagai ajang peningkatan kemampuan diri. Adanya kegiatan microteaching, sharing, drill soal sempoa maupun matematika, belajar presentasi, tentu bertujuan untuk meningkatkan performa guru.

IMA mengadakan ujian bagi para guru di bulan Januari berbarengan dengan MGMA yang bertempat di Yogyakarta. Bagi guru yang lulus, akan mendapat sertifikat yang berlaku hanya sampai bulan Desember di tahun yang sama. Bagi yang belum lulus, diberi kesempatan untuk mengikuti ujian remidi pada MGMA bulan Februari dan Maret. Tahun berikutnya semua guru harus kembali mengikuti ujian. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas, sehingga guru harus terus belajar, baik belajar materi sempoa maupun belajar untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar.

Ada kalanya, MGMA juga diisi oleh narasumber yang berkompeten dari luar IMA, dikemas dalam bentuk pelatihan maupun mini seminar. Narasumber yang pernah mengisi  MGMA wilayah Jateng-DIY di antaranya adalah :

  • Setiawan Eka Rahmanta atau lebih dikenal dengan nama Setiawan Tiada Tara seorang Motivator Humor, Pelawak (anggota Plat AB) dan MC Humor
  • Bapak Arief Sugeng Widodo (terkenal dengan sebutan Paman Dodo) seorang Konselor dan Konsultan pendidikan anak yang juga Asesor BAN PNF.

Training bersama juga dilakukan saat MGMA yang diisi oleh Manager Pendidikan IMA Pusat yaitu Ibu Sarmi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseragaman gerakan, aba-aba, pengucapan dan pemahaman materi bagi semua guru.

MGMA juga beberapa kali diisi dengan kegiatan outbond, antara lain diadakan di Kebun binatang Gembira Loka, di Kaliurang, juga mini outbond di Resto Banyu Mili berbarengan dengan perayaan syukuran karena jumlah siswa IMA Jateng-DIY mencapai 1.000 siswa.

Bahkan lomba guru pun pernah diadakan di acara MGMA, sehingga para guru ikut merasakan menjadi peserta lomba sempoa dan mental aritmetika, seperti halnya para siswa yang mengikuti lomba IMA-ria (https://youtu.be/pa5sZ0U5amo)

Semoga dengan adanya MGMA yang diadakan secara rutin, akan mempererat silaturahmi dan meningkatkan kemampuan para guru, sehingga kualitas IMA sebagai lembaga pendidikan mental aritmetika dapat terjaga. Di bawah kepemimpinan Branch Manager  wilayang Jateng DIY : Ibu Novi Ernawati, S. Si. beserta seluruh staf dan pengajar, IMA akan  terus berperan aktif meningkatkan kecerdasan anak bangsa. IMA Oke !!!

foto mgma fix