MENGHAFAL PERKALIAN DENGAN FLASH CARD

Saat ini banyak orang tua yang cukup pusing karena anaknya belum hafal perkalian dasar, yaitu perkalian satu digit kali satu digit, contohnya 7×6=42. Begitu pula banyak guru yang bingung karena siswa belum hafal perkalian padahal sudah kelas V atau bahkan sudah kelas VI. Tentu hal ini menghambat kemampuan siswa pada pelajaran matematika. Sementara ada orang tua yang sangat gembira karena anaknya masih duduk di bangku kelas I tapi sudah hafal perkalian dasar. Wow luar biasa. Bapak dan Ibu tentu ingin anak-anaknya mampu menghafal perkalian dasar bukan? Ya, kali ini kita akan membahas cara menghafal perkalian menggunakan flash card.

Pertama kita buat flash cardnya dulu dengan cara memotong-motong kertas manila atau duplex atau concorde dengan ukuran kira-kira seperempat kertas A4 sebanyak 100 lembar. Potongan bisa dibuat berbentuk persegi atau persegi panjang, sebaiknya ukuran kartu dibuat sama. Tulis perkalian yang akan dihafalkan dengan ukuran tulisan yang cukup besar di bagian depan kartu , misal 9×9. Tulis hasilnya (81) di bagian belakang kartu dengan ukuran kecil saja. Buat kartu untuk semua perkalian dasar (dari 9×9, 9×8, 9×7, … hingga 0x0).

Cara menggunakan flash card : perlihatkan kartu satu per satu ke anak, dengan cara bagian depan kartu ditunjukkan ke anak, lalu minta mereka menyebutkan hasilnya saja secara cepat. Kita bisa cek jawaban anak dengan melihat bagian belakang kartu yang ada tulisan hasilnya. Kartu yang dijawab benar oleh anak, kita pisahkan dengan yang salah. Setelah semua kartu selesai dibaca, kartu yang dijawab salah kita perlihatkan lagi, jika masih salah, kita koreksi dengan menyebutkan jawaban yang benar. Lakukan berulang-ulang sampai akhirnya anak hafal. Sebaiknya flash card ini dilakukan secara bertahap dari perkalian 9 dulu. Setelah perkalian 9 hafal, dilanjutkan ke perkalian 8. Setelah perkalian 8 hafal, kita gabungkan perkalian 8 dan 9. Begitu seterusnya sampai semua kartu bisa dihafal.

Semoga dengan cara ini anak jadi lebih mudah menghafal perkalian. Jika anak hafal perkalian dasar tentu akan sangat membantu mereka di pelajaran matematika. Mari Bapak dan Ibu kita praktikkan. Kita buat anak-anak hafal perkalian dasar untuk modal mereka menguasai pelajaran matematika. Salam sukses.