Mendidik dengan Hati

kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa
kita jadi pintar dibimbing pak guru
kita bisa pandai dibimbing bu guru
gurulah pelita penerang dalam gulita
jasamu tiada tara

kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa
kita jadi pintar dibimbing pak guru
kita bisa pandai dibimbing bu guru

gurulah pelita penerang dalam gulita
jasamu tiada tara

Ada yang membaca sambil bernyanyi? Hehe…itu memang lagu tentang guru yang sangat fenomenal, berjudul Jasamu Guru. Liriknya sangat sederhana, khas ungkapan anak-anak terhadap guru yang sudah banyak berjasa pada mereka.

Guru memang sebuah profesi yang mulia. Mengajarkan ilmu kepada murid dari tidak tahu sama sekali menjadi pintar. Selama ilmu yang diajarkan itu masih diamalkan oleh murid, pahala pun akan mengalir pada sang guru. Lebih hebat lagi jika semua guru bisa mengajar dan mendidik murid dengan hati, tidak sekedar menjalankan tugas semata.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh guru agar menjadi guru yang luar biasa.
1. Niatkan mengajar sebagai jalan untuk beribadah pada Tuhan
Segala sesuatu tergantung pada niat. Maka niatkan mengajar untuk mengamalkan ilmu, berbagi pengetahuan, mencerdaskan murid, menjadikan generasi yang akan datang menjadi insan yang lebih baik di hadapan Tuhan dan sesama manusia.
2. Bertutur kata dan berpenampilan yang baik
Apa yang didengar dan dilihat oleh murid dari gurunya, akan cenderung ditiru. Karenanya berusahalah untuk senantiasa bertutur kata yang baik, tidak menggunakan kata-kata kasar saat berbicara dengan murid dan kenakan pakaian yang sopan.
3. Memahami murid secara utuh
Ada kalanya guru menilai murid hanya dari apa yang dilihatnya di kelas. Padahal sangat mungkin permasalahan siswa terjadi karena latar belakang kesehariannya di rumah. Murid yang tidak mengerjakan PR, jangan langsung dimarahi, tetapi tanyakan apa sebabnya, belum tentu karena dia malas. Murid yang tertidur di kelas, bisa jadi di rumah, dia harus membantu orang tuanya bekerja sampai malam hingga merasa ngantuk saat di kelas. Dan seterusnya.
4. Menjadi contoh bagi murid
Bila ingin murid tidak datang terlambat, jangan pernah membiarkan mereka melihat gurunya datang terlambat. Bila ingin murid berpakaian rapi dan bersih, jangan berpakain sembarangan di depan murid. Jadilah contoh yang baik bagi murid. Sebab memberi contoh jauh lebih efektif daripada sekedar menyuruh
5. Membawa dalam doa
Terakhir, pada saat berdoa jangan lupa sertakan murid ke dalam doa. Jika ada yang nakal dan sudah diberitahu berulang kali tetap tak berubah. Diajari puluhan kali tak juga paham, berani melawan guru, suka membolos, dan kenakalan-kenakalan murid yang membuat kita hampir menyerah…laporkan pada Tuhan. Mohonlah agar Tuhan berkenan memudahkan segala urusan sebagai guru.

Bila hal-hal tersebut sudah dilakukan oleh guru, tentunya hasil yang diperoleh akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk murid tapi terlebih untuk guru. Selain kepuasan hati saat melihat keberhasilan murid, juga akan tercatat sebagai amal kebaikan yang terus mengalir pahalanya bahkan saat sudah meninggal nanti.
Maka para guru, tetaplah mendidik dengan penuh cinta, dengan bahasa hati yang akan sampai ke hati murid-murid.

Nah, buat yang mau nyanyi lagu Jasamu Guru sambil bernostalgia ke masa lalu, ini ada tautannya di youtube. Mari bernyanyi…