Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia

Tanggal 21 Nopember diperingati sebagai hari pohon sedunia. Hal ini untuk mengingat dan menghormati  jasa Julius Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat yang  gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Alasan J. Morton gigih berkampanye sebetulnya sederhana saja yaitu pohon bisa untuk berteduh, pemecah angin dan penghasil O2. Akhirnya orang mulai setuju dengan ajakan J. Morton untuk peduli pada pohon. Sejak itu muncullah opini dan kebijakan untuk menanam dan merawat pohon.

Tujuan peringatan Hari Pohon Sedunia adalah untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya seperti memerangi pemanasan global, mencegah banjir dan tanah longsor, tempat hidup fauna, penyerap gas CO2 dan penghasil O2.

IMA sebagai lembaga pendidikan mental aritmetika, tidak sekedar mengajari anak-anak berhitung tapi juga mengajari mereka untuk peduli terhadap lingkungan alam sekitar khususnya pohon. Diwakili oleh cabang Srandakan, IMA Jawa Tengah – DIY, mengadakan kegiatan menanam pohon di SDIT Mutiara Insani Galur Kulonprogo DIY.  Hal ini tidak lepas dari peran pengelola IMA cabang Srandakan Bapak Erwin dan pihak SDIT Mutiara Insani. Para siswa IMA yang juga siswa sekolah tersebut pun dengan antusias mengikuti acara menanam pohon.

Semoga dengan mengajarkan menanam pohon sejak dini, kelak mereka akan menjadi manusia yang peduli dengan alam, mau menanam pohon demi kelangsungan semua makhluk di muka bumi. Ayo menanam pohon. Selamat Hari Pohon Sedunia.

 

IMG_20191121_050617  IMG-20191121-WA0009

IMG-20191121-WA0000

IMG-20191120-WA0032