Melewati Gerbang Sulit Kedua

Tahun lalu , kami pernah membahas tentang gerbang sulit pertama belajar di IMA [https://www.ima-jateng-diy.com/web/melampaui-gerbang-sulit-pertama-20181207]. Kali ini kita akan bersama-sama mengenal tentang gerbang sulit kedua yaitu grade 6.

Ada tiga buah buku latihan grade 6 yang harus  dikerjakan oleh siswa sampai selesai, yaitu dua buku perhitungan sempoa (A601 dan A602) ditambah satu buku perhitungan mental (M601). Dalam kondisi normal, materi grade 6 ini bisa diselesaikan dalam waktu empat bulan. Akan tetapi banyak siswa yang menemui kesulitan dan memerlukan waktu cukup lama untuk bisa menguasai grade 6 ini.

Berikut beberapa alasan mengapa grade 6 disebut sebagai gerbang sulit kedua :

  1. Pada materi perhitungan sempoa, siswa mulai dikenalkan dengan tambah kurang desimal dan ada tanda $ (dollar) yang berarti setiap angka harus ditulis sampai 2 digit belakang koma. Contohnya $ 5,97 ; cara membacanya adalah “5 dollar 97 sen”. Jika anak kurang jeli saat meletakkan nilai desimal, tentu hasil yang didapat akan keliru.
  2. Berbeda dengan grade sebelumnya, saat mengerjakan perkalian dan pembagian grade 6, siswa tidak boleh melihat tabel perkalian dasar (perkalian satu angka dikali satu angka).  Hal ini berarti jika pada grade 8 dan 7 masih diperbolehkan mempergunakan tabel perkalian dasar sebagai bantuan, maka pada grade 6 siswa harus sudah hafal perkalian dasar. Jika belum hafal, tentu saja kecepatan mereka mengerjakan soal perkalian dan pembagian pun akan terhambat.
  3. Pada materi pembagian, pembaginya merupakan bilangan puluhan (dua digit).
    Contohnya : 1.458 : 27

Pada grade 8 dan 7, siswa sudah belajar pembagian, namun pembaginya adalah bilangan satuan, contohnya 156 : 3 atau 1.242 : 9. Materi pembagian grade 6 dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu mudah, sedang, dan sulit. Hal ini dimaksudkan agar siswa belajar secara bertahap, sesuai tingkat kesulitannya.
Perbedaan materi soal pembagian grade 6 dibandingkan dengan grade sebelumnya cukup jauh. Wajar jika siswa mengalami kesulitan. Seperti halnya di gerbang sulit pertama, peran orang tua sangat diperlukan untuk memberikan motivasi kepada anak. Dukung anak untuk tetap les IMA hingga berhasil melewati gerbang sulit kedua tersebut. Jika siswa mampu menguasai materi grade 6, maka materi grade 5 dan grade 4 biasanya bukan menjadi masalah bagi mereka.
Ayo Bapak dan Ibu, dukung anak-anak untuk menyelesaikan belajar mereka di IMA hingga grade tertinggi yaitu grade 1 dan melanjutkan ke tingkat DAN. Semangaat!!!.