Sejarah Mars IMA

IMA resmi berdiri di Indonesia pada tahun 1996. Sedangkan masuk di Yogyakarta pada awal tahun 2003. Awal baru buka di propinsi DIY, lalu mengembangkan sayap ke wilayah Jawa Tengah yaitu Magelang, Klaten, Cilacap, Kebumen, Purbalingga. Itu adalah kota-kota di Jawa Tengah yang mula-mula ada cabang IMA. Tahun 2004 untuk pertama kalinya IMA wilayah Jawa Tengah dan DIY menyelenggarakan kompetisi mental aritmetika untuk siswa IMA di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Untuk meramaikan acara tersebut dan untuk lebih mengenalkan IMA ke masyarakat, digelar juga lomba pendamping yaitu paduan suara antar SD. Timbullah ide untuk membuat Mars IMA yang akan digunakan sebagai lagu wajib dalam lomba paduan suara tersebut.

Lalu Ibu Kusyul Tyas Kentari, SH, MM yang sudah sangat berpengalaman melatih paduan suara di beberapa universitas serta pengiring musik gereja, membuat Mars IMA yang kemudian menjadi lagu resmi IMA Indonesia. Liriknya adalah sebagai berikut :

Kami anak IMA Indonesia

Selalu riang gembira

Belajar mental aritmatika

Demi masa depan gemilang

Kami senang menghitung tak gentar lihat angka

Kami pandai berhitung kami senang dan bangga

Kami anak-anak IMA Indonesia

Kami kan jadi anak bangsa

 

Berikut ini adalah beberapa anak IMA yang dilatih beberapa kali oleh Ibu Tyas untuk menyanyikan Mars IMA. Sedangkan aransemen musik dikerjakan oleh Bapak Hendri Kurniawan, SH, MH. yang juga pernah turut berjasa mengembangkan IMA di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Selamat menikmati Mars IMA!