Percaya Diri di Hari Pertama Les

Agar anak tidak ragu-ragu, malu atau takut saat masuk kelas pertama di IMA, berikut ada tips kecil namun perlu untuk dicoba agar mereka jadi lebih percaya diri.
1. Ajak berangkat dengan gembira
Pada hari pertama les, ingatkan sejak pagi atau dari sehari sebelumnya bahwa hari itu adalah hari dimana dia untuk pertama kalinya les IMA. Ingatkan juga jam nya agar pada saat harus berangkat, dia sudah siap dan sudah menunggu-nunggu waktunya.
2. Pakai tas dan kaos seragam IMA yang diperoleh pada saat mendaftar
Sepertinya sederhana ya, tapi ini penting untuk anak. Jika kebetulan pada saat les, banyak teman-temannya yang mengenakan kaos IMA, bisa jadi akan membuatnya merasa “beda dan aneh”. Perasaan tersebut bisa membuatnya kehilangan percaya diri dan bahkan bisa jadi konsentrasinya hari itu buyar.
3. Siapkan alat tulis berupa pensil atau pena
Apabila menggunakan pensil, pastikan pensil yang dibawa adalah yang sudah diraut dan siap digunakan. Karena masih hari pertama, belum kenal dengan guru maupun teman, biasanya anak jadi merasa takut untuk bilang atau pinjam sesuatu. Maka kalau dia sudah siap dengan alat tulisnya sendiri dari rumah, itu membuatnya percaya diri dan merasa siap untuk belajar
4. Datang lebih awal
Jika jadwal les adalah pukul 14.00, usahakan pada hari pertama, Bapak/ibu sudah sampai di tempat les sekitar pukul 13.30. Karena jika dia datang saat teman-temannya sudah banyak, apalagi saat kelas sudah dimulai, akan sangat mungkin dia merasa malu bahkan bisa jadi tidak mau ditinggal oleh orang tuanya, maunya ditunggui di dalam kelas.
5. Ajarkan untuk berani memperkenalkan diri di depan kelas
Biasanya guru meminta siswa baru untuk memperkenalkan diri. Ajarkan dari rumah, agar dia tidak malu menyebutkan nama dan sekolahnya dengan lantang.
6. Jika dia satu-satunya yang baru di kelas tersebut, minta untuk duduk di bangku paling depan
Terkadang anak masuk di kelas yang sudah berjalan, dan dia menjadi satu-satunya siswa baru pada hari itu. Maka pastikan untuk meminta dia duduk di bangku paling depan agar guru bisa lebih mudah memberikan penjelasan tentang dasar-dasar belajar di IMA.
7. Jangan langsung ditinggal ketika mengantar
Sebisa mungkin temui guru yang akan mengajar, buat komunikasi yang baik dan mintalah nomor telepon guru agar bisa langsung bertanya pada guru jika ada yang tidak jelas atau ada yang perlu dikomunikasikan mengenai perkembangan belajarnya nanti. Baik juga bila Bapak/Ibu menunggu sebentar sampai kelas dimulai, untuk memastikan bahwa dia sudah mulai nyaman di kelas barunya.
8. Sebelum pulang, tanyakan pada guru tentang kesan hari pertamanya
Pada saat menjemput, kembali temuilah guru dan tanyakan bagaimana hari pertamanya. Apakah dia bisa mengikuti dengan baik dan apa saran dari guru untuk dilakukan di rumah.
9. Tanyakan tentang bintang
Setiap les di IMA, guru memberikan bintang sebagi hadiah dari setiap hal baik yang dilakukan siswa di tempat les. Tanyakan padanya, berapa bintang yang didapat di hari pertamanya. Biasanya anak akan menjawab dengan antusias. Sampai di rumah ajaklah dia menyiapkan satu tempat khusus untuk menyimpan bintang-bintangnya.
10. Ingatkan dan dampingi mengerjakan PR
Guru pasti memberikan PR dan harus sudah selesai dikerjakan pada pertemuan berikutnya. Tanyakan dan periksa bukunya, manakah lembar yang menjadi PR dan pastikan dia mengerjakan PR nya sesuai cara yang diajarkan oleh guru.
Tips sederhana ini semoga bermanfaat ya.

Nah ini gambaran serunya kelas pertama, yang semuanya adalah siswa baru. Siswa IMA Cabang Godean yang baru masuk beberapa hari lalu dengan gurunya Ibu Vika.